Ingin Harga Resale Motor Tetap Tinggi? Ini Tips ala Honda

Motor  

JAKARTA -- Pasar motor bekas di Tanah Air menawarkan daya tarik sendiri. Malah, banyak pengguna roda dua yang mempertimbangkan nilai jual kembali saat menentukan produk yang akan mereka beli dan gunakan.

Di Indonesia, sepeda motor Honda menjadi salah satu produk yang dikenal memiliki nilai jual kembali (resale) yang terbilang tinggi. Technical Service Department PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, berbagi tips agar motor tetap bernilai baik saat dijual kembali.

Rutin Service

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Konsumen dan pedagang motor bekas sangat jeli dalam melihat rekam jejak //service// yang dilakukan pengguna. Khususnya untuk perawatan berkala, seperti penggantian oli, filter oli, busi, dan beragam part yang rutin diganti. Catatan ini menjadi dasar untuk mengetahui tentang kualitas produk yang dijual, karakter pemilik, hingga jaminan kualitas, khususnya bagian mesin.

Konsumen Honda, khususnya Wahana, pun tidak perlu risau, karena aplikasi digital Wanda dapat menyimpan catatan servis yang dapat menjadi bukti kuat saat transaksi jual beli nanti. Catatan ini menjadi satu faktor utama penentu harga jual sekaligus menjelaskan secara pasti karakter pemilik terhadap unit yang ditawarkannya.

Sayangi Motor

Memang tak perlu berlebihan, namun ada baiknya pemilik lebih memperhatikan motor jika miliki rencana untuk menjual setelah pemakaian beberapa tahun. Kebersihan serta kelayakan motor secara keseluruhan juga jadi faktor penentu minat pembeli saat melihat langsung unit yang ditawarkan.

Sekali lagi, kebersihan menjadi indikator karakter pemilik yang menggunakan motor itu sebelumnya. Gaya berkendara dan sikap peduli pemilik juga diperlukan untuk menjaga kondisi tetap baik dan memiliki nilai jual kembali yang tinggi.

Penting juga untuk berkendara santai dan ramah sekaligus mempraktikkan cara berkendara aman untuk meminimalisasi kemungkinan jatuh atau tabrakan. "Cara simpan motor juga berpengaruh terhadap keawetan motor. Motor yang disimpan dengan lokasi yang tepat dan perlakuan yang benar pastinya akan menambah umur kualitas, khususnya part bagian body atau rangka,” jelas Instruktur TSD, Wahyu Budhi dalam keterangannya.

Secara simpel dapat dipahami, pemilik yang biasa memarkir atau meletakan motor di dalam dan luar ruangan akan terlihat perbedaan untuk periode beberapa waktu. Logikanya, motor dengan tingkat paparan matahari dan hujan yang tinggi dipastikan akan miliki perbedaan atau penurunan kualitas dengan unit yang lebih banyak terlindung dari paparan dua hal itu.

Memang bukan jadi fenomena baru jika kini sepeda motor juga banyak digunakan sebagai bahan investasi yang menjanjikan. Kalangan pehobi Honda klasik atau Honda big bike bahkan mempercayai kalau motor dengan kondisi baik, langka, dan ‘mulus’ akan menjadi incaran kolektor dengan harga yang lebih tinggi.

Kepatuhan menjaga kelengkapan surat, pembayaran pajak ini juga mempengaruhi harga jual sebuah motor yang ditawarkan. 
Kepatuhan menjaga kelengkapan surat, pembayaran pajak ini juga mempengaruhi harga jual sebuah motor yang ditawarkan.

Nyala atau Mati

Ungkapan tersebut biasa di kalangan pasar motor bekas yang bertanya mengenai kondisi surat-surat kendaraan. Sebagai salah satu unsur wajib dalam materi safety riding, kepatuhan pemilik kendaraan terhadap surat serta izin kendaraan yang teregistrasi di kepolisian adalah satu penentu harga jual motor.

"Jadi selain prilaku, kesiapan motor, kepatuhan, dan kelengkapan terhadap peraturan lalu lintas juga wajib dilakukan," jelas Head of Safety Riding Promotion, Agus Sani.

Kepatuhan menjaga kelengkapan surat, pembayaran pajak ini juga mempengaruhi harga jual sebuah motor yang ditawarkan. Motor bekas dengan kondisi surat lengkap dan taat pajak dipastikan punya harga lebih baik dibandingkan yang tidak.

Terakhir, pastinya adalah tingkatkan terus kemampuan kompromi dan negosiasi jual beli Anda.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kanal yang membahas mengenai produk, tren, fenomena menarik di dunia otomotif, dan cara berkendara yang aman serta nyaman.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image