Resmi Tinggalkan MMKSI, Ini Beberapa Capaian Prestasi Nakamura

Mobil  
Naoya Nakamura (kiri) yang menjabat sebagai presiden direktur MMKSI periode September 2018-Maret 2023 resmi digantikan Atsushi Kurita yang melanjutkan kepemimpinan dan posisi presiden direktur efektif mulai 1 April 2023 (Sumber: MMKSI).
Naoya Nakamura (kiri) yang menjabat sebagai presiden direktur MMKSI periode September 2018-Maret 2023 resmi digantikan Atsushi Kurita yang melanjutkan kepemimpinan dan posisi presiden direktur efektif mulai 1 April 2023 (Sumber: MMKSI).

JAKARTA -- Naoya Nakamura resmi mengakhiri jabatan sebagai presiden direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Presiden direktur periode September 2018-Maret 2023 itu digantikan Atsushi Kurita yang melanjutkan kepemimpinan dan posisi presiden direktur efektif mulai 1 April 2023.

Nakamura memiliki andil penting di MMKSI selama hampir lima tahun sejak 2018 dalam memberikan kontribusi bagi bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. Dia membangun fondasi dan kepemimpinan yang kuat untuk mempertahankan bisnis MMKSI melewati berbagai rintangan, terutama pada masa pandemik Covid-19 yang sangat mempengaruhi proses bisnis secara global.

Dia juga mampu menorehkan rekor angka penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarahnya di Indonesia, yaitu pada 2021 lalu dengan pencapaian 104.407 unit. Angka itu berkontribusi lebih dari 12 persen terhadap penjualan MMC secara global. Itu pun sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam paparannya, MMKSI menjelaskan, 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan dan kompetisi. Akan tetapi juga penuh dengan berbagai kesempatan baru seiring dengan membaiknya pandemi Covid-19 dan pemulihan kondisi ekonomi serta pasar otomotif.

Pada 2022 pula, pasar otomotif hampir kembali ke level sebelum pandemi tahun 2019 dengan tembus satu juta unit, tumbuh 17 persen dibandingkan 2021.

Sementara itu, sepanjang 2022, MMKSI berhasil memanfaatkan momentum dan membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang dan niaga ringan. MMKSI berhasil menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,6 persen pada 2022.

Untuk 2023, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 975 ribu unit. Proyeksi ini menjadi dorongan tersendiri bagi MMKSI untuk terus mempertahankan eksistensi, dan meningkatkan kualitas pada sisi produk, layanan penjualan, dan purnajual kepada konsumen melalui kompetisi di pasar otomotif di Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan yang ada di tahun 2022," kata Nakamura saat bertemu dengan awak media di acara buka puasa bersama di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo tahun kalender 2022, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 97.936 unit. Angka itu terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 69.629 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 28.307 unit.

Penjualan terbesar disumbang oleh Xpander dengan 32.772 unit. Kemudian diikuti oleh Xpander Cross 17.145 unit, dan Pajero Sport 19.686 unit. Sementara untuk segmen kendaraan niaga ringan ditopang oleh L300 dengan 19.161 unit.

Sementara dari sisi purnajual, MMKSI mendapatkan pencapaian positif dengan mencatatkan pertumbuhan total kendaraan datang untuk melakukan servis dan perawatan sebesar tujuh persen pada 2022. Pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris, dan genuine part juga naik sebesar tujuh persen dibandingkan dengan 2021.

Dia menambahkan, upaya MMKSI pada tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi untuk meraih lebih baik lagi. "Pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen," ungkap Nakamura.

Dia pun mengapresiasi konsumen yang telah menjadi semangat dan memotivasi perusahaan untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat dari Mitsubishi Motors untuk Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di kawasan ASEAN. "Saya mendapatkan banyak pengalaman terbaik selama bertugas di Indonesia. Selanjutnya saya ingin memohon dukungan terbaik dari Anda untuk Mr Kurita sebagai presiden direktur PT MMKSI periode berikutnya,” lanjut dia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kanal yang membahas mengenai produk, tren, fenomena menarik di dunia otomotif, dan cara berkendara yang aman serta nyaman.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image