Ini Kata Bos Mercy, Inchcape, dan Indomobil Soal Perubahan Bisnis Mercedes Benz di Indonesia

Mobil  
Mercedes Benz resmi diambil alih oleh Indomobil.
Mercedes Benz resmi diambil alih oleh Indomobil.

JAKARTA -- Mercedes Benz resmi diambil alih oleh Indomobil. Hal ini dipastikan dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Jumat (31/3/2023). Dijelaskan, Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) mengumumkan usaha patungan (joint-venture) dan penunjukannya untuk menjalankan kegiatan perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia pada Jumat.

Inchcape merupakan distributor otomotif multimerek global. Sementara Indomobil merupakan perusahaan induk dari suatu kelompok usaha otomotif terpadu.

"Dengan mendasarkan pada optimalisasi jaringan produksi globalnya, Mercedes-Benz AG memutuskan untuk mengalihkan kegiatan operasional pada PT Mercedes-Benz Indonesia (produsen kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia) serta PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (importir kendaraan CBU dan distributor kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia) kepada kemitraan yang terdiri dari investor lokal yang berpengalaman dan global distributor operator yang kuat," tulis rilis tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars Matthias Lührs menjelaskan, perusahaan melakukan restrukturasi bisnis dengan tujuan menguatkan posisi di pasar Indonesia. Serta untuk senantiasa berkembang dengan menggandeng rekanan berskala internasional yang kuat serta rekanan lokal berpengalaman bersama Inchcape dan Indomobil.

Dia pun memastikan kalau seluruh kepegawaian akan tetap berjalan sebagaimana adanya saat ini dan pelanggan pun akan terus dilayani.

"Kami percaya dengan potensi yang sangat besar di pasar Indonesia dan maka dari itu kami senang dapat bekerja sama dengan rekanan yang dapat diandalkan untuk kelanjutan bisnis kami. Kami melihat kembali pengalaman kami bekerja sama dengan Inchcape, rekanan yang kuat dan kompeten, dan kami bersemangat untuk memperdalam kerja sama yang telah terjalin dengan langkah penting ini,” kata dia.

Sementara itu, Inchcape’s APAC CEO Ruslan Kinebas mengatakan, sangat senang untuk mengembangkan sayap bisnis di Indonesia dengan pengalihan kegiatan usaha Mercedes-Benz ke usaha patungan dengan Indomobil. Dengan Indomobil, kata dia, perusahaan telah memiliki kerja sama distribusi yang kuat di Indonesia.

"Kami menantikan pengembangan lebih jauh dari bisnis Mercedes-Benz dengan menggabungkan pengetahuan lokal dan kapabilitas digital dan data kami. Pengembangan ini merupakan bukti dari Inchcape sebagai rekanan pilihan Mercedes-Benz sebagai upaya optimalisasi kinerja global mereka.”

Direktur Utama Indomobil Jusak Kertowidjojo juga sangat percaya dengan keterlibatan perusahaan sebagai entitas lokal yang kuat dalam kerja sama dengan entitas otomotif global. "Inchcape, Mercedes-Benz dapat terus berkembang di Indonesia dan mendukung pemerintahan Republik Indonesia dalam mengembangkan industri otomotif di Indonesia ke depannya," ungkap dia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kanal yang membahas mengenai produk, tren, fenomena menarik di dunia otomotif, dan cara berkendara yang aman serta nyaman.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image